Minggu, 09 Juni 2019

Tata cara menggunakan rumus di Ms Excell baik menggunakan fungsi Matematika maupun Operator Matematika

Tata cara penggunaan rumus Fungsi Matematika

Rumus Fungsi Matematika di dalam Excell berfungsi untuk menyederhanakan penghitungan yang rumit. Setiap Fungsi harus diawali dengan tanda =.
Cukup banyak Rumus Fungsi yang terdapat pada Ms Excell, diantaranya Sum, Average, And, Or, Not, If, Areas, Chose dll. Tetapi disini akan di bahas beberapa saja, diantaranya:


SUM, digunakan untuk penjumlahan atau menghitung jumlah. cara penggunaannya sebagai berikut:
  • Arahkan kursor pada kolom yang ingin diletakkan hasil jumlahnya
  • Setelah itu ketik =SUM(klik kolom yang ingin dijumlahkan), kemudian tekan Enter.
 
AVERAGE,
digunakan untuk mencari nilai rata-rata pada data yang dibuat, cara penggunaanya sebagai berikut
  •  Arahkan kursor pada kolom yang ingin diletakkan hasil jumlahnya
  •  Setelah itu ketik =AVERAGE(klik kolom yang ingin dirata-ratakan), kemudian tekan Enter.

Tata cara penggunaan rumus Operator Matematika

Operator Excell adalah simbol yang memiliki funsi tertentu dalam penghitungan data.
Contoh Operator Matematika yang terdapat pada Ms Excell adalah:

  • Penjumlahan (+)
  • Pengurangan (-)
  • Perkalian (*)
  • Pembagian (/)
  • Pangkat (^)
  • Persen (%)

Adapun cara penggunaanya adalah sebagai berikut:
  • Arahkan kursor pada kolom yang ingin diletakkan hasil jumlahnya
  • Setelah itu ketik =(klik kolom yang ingin di jumlahkan pertama, kemudian rumus Operator yang di inginkan, klik lagi kolom kedua yang ingin dijumlahkan dengan yang pertama tadi), kemudian tekan Enter. Contoh, =(B2*C2)
Baca juga: https://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/membuat-daftar-isi-dengan-tabulasi-dan.html
Membuat daftar isi dengan tabulasi dan Table of Contens Microsoft Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar